Minggu, 28 November 2010

Facebook Mendunia

Sebuah situs jaringan sosial yang baru bernama Facebook sekarang telah merajalela di kalangan masyarakat. Baik anak kecil, maupun orang tua, mereka mengenal dan, bahkan menggunakan situs itu untung kepentingan yang berbeda-beda. ada yang hanya ingin mengenal dan menjalin pertemanan dengan orang baru, ada juga yang memakai facebook untuk kepentingan bisnis, misalnya menjual barang lewat facebook dan mencari karyawan juga bisa lewat facebook. ada juga yang menggunakan facebook sebagai sarana untuk menemukan teman lama masing-masing dan dikenal senagai "reuni facebook", ada juga yang memaki facebook sebagai tujuan kriminalitas. yang semuanya akan saya coba dan merangkum dengan tema "facebook dilihat dari sisi negativ dan positiv"

kita mulai dari sisi positiv dari facebook dulu. tentu saja Facebook sebagai situs jaringan sosial yang murah, gratis bahkan, yang menawarkan banyak aplikasi dari permainan sampai dengan iklan gratis, tentu saja mendapat perhatian lebih dari masyarakat luas. banyak sekali hal positif yang bisa kita dapatkan dari facebook. misalnya, "kumpulan pelajar dari seluruh Indonesia" ada juga kelompok belajar yang biasanya dinamai "english group", "myth group", "pecinta ilmu", dll. Facebook bagus juga untuk menjual barang dan mendapat keuntungan dari itu. Kita bisa juga menukar pengetahuan dari teman yang kita dapatkan setelah kita menggunakan facebook. bisa dalam negeri maupun luar negeri.
jika dilihat dari segi itu, facebook memang sangat mendidik dan menguntungkan. namun banyak juga kasus kriminalitas akibat jaringan sosial ini.
misalnya saja kasus penculikan seorang anak lelaki yang terjadi baru-baru ini. Ada juga kasus penipuan yang berhasil meraup berjuta-juta rupiah, ada juga kasus perdagangan wanita yang nantinya dijadikan psk. banyak sekali kasus-kasus kriminal yang akhirnya merugikan pengguna facebook.
jadi kita bisa simpulkan bahwa, sebenarnya facebook itu baik, namun sebagai pengguna facebook, kita juga harus berhati-hati , kan? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar